Survei Kepuasan Masyarakat

Sebagai pengemban fungsi pemerintah, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) secara profesional dan berkesinambungan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam kegiatan penyediaan jasa pendidkan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia Perhubungan yang sesuai dengan semboyan Lima Citra Perhubungan yang profesional melalui program pendidikan dan pelatihan di bidang perkeretaapian. Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan.

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat pengguna layanan. Dalam melakukan survei kepuasan masyarakat menggunakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masayarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang menjelaskan bahwa indikator penilaian pelayanan terdiri dari 9 indikator. Salah satu upaya yang harus dilakukan PPI dalam peningkatan pelayanan publik dan mengetahui kondisi pelayanan adalah dengan melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan terhadap indikator dimaksud.

Indeks capaian kepuasan masyarakat merupakan nilai kepuasan rata-rata dari keseluruhan indikator penilaian. Berdasarkan hasil analisis dari seluruh penilaian terhadap seluruh indikator diperoleh sebesar 3,18 dengan rentang nilai antara 1 s/d 4 dan dengan nilai interval konversi 79,5 dengan rentang nilai 1-100. Dari hasil tersebut berarti mutu pelayanan telah diberikan oleh pelaksana PPI Madiun adalah “B dengan kinerja unit pelayanan “Baik”. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan responden merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh PPI Madiun.

Berikut ini merupakan hasil yang diperoleh analisis nilai per-internal unit kerja.

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan responden merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit kerja terkait. Berikut ini merupakan hasil yang diperoleh nilai rata-rata tiap-tiap unsur dengan mutu dan kinerja pelayanan.

Link survei dengan google form disini